tag:blogger.com,1999:blog-41994382463189791302024-02-21T06:52:30.900+07:00Kumpulan SkripsiAdminhttp://www.blogger.com/profile/01288818467351304475noreply@blogger.comBlogger16125tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-34283341819035471342014-05-28T22:34:00.000+07:002014-05-28T22:34:06.371+07:00ADRO TEXTILE Konveksi Murah Indonesia – Tlp 081362666444 ! » mMUFIDn<div style="text-align: justify;">
Selamat datang kembali di blog <i><b><a href="http://downloadkumpulanskripsi-mmn.blogspot.com/" target="_blank">Kumpulan Skripsi</a></b></i> dan di postingan <i><a href="http://downloadkumpulanskripsi-mmn.blogspot.com/2014/05/konveksi.html" target="_blank">ADRO TEXTILE Konveksi Murah Indonesia – Tlp 081362666444 ! » mMUFIDn</a></i>.</div>
<div style="text-align: justify;">
Kali ini saya shara <i>konveksi</i> by <i>ADRO TEXTILE Konveksi Murah Indonesia – Tlp 081362666444 !</i> dan di bawah ini <i>konveksi</i> by <i>ADRO TEXTILE Konveksi Murah Indonesia – Tlp 081362666444 !</i> :</div>
<blockquote class="tr_bq" style="text-align: justify;">
<i>ADRO TEXTILE</i> adalah sebuah perusahaan di bidang garment dengan brand <i>ADRO</i> dan VOLLMOND, berdirinya perusahaan ini dimulai dari sebuah visi untuk membangun usaha karya anak bangsa yang mampu mendunia. Nama <i>ADRO</i> sendiri adalah gabungan nama dari para pendiri. Kami menyediakan berbagai produk dan layanan berkualitas, dengan teknologi mutakhir dan SDM yang handal. Karyawan kami adalah anak muda yang kreatif dan kompeten di bidangnya. Kepuasan klien adalah motivasi terbesar kami. Kami selalu bangga dengan hasil kerja kami. Kebanggaan itulah modal utama kami, untuk selangkah lebih maju. Yuk BUKTIKAN produk kami !</blockquote>
<blockquote class="tr_bq" style="text-align: justify;">
<i>ADRO TEXTILE</i> adalah sebuah perusahaan di bidang garment dengan brand <i>ADRO</i> dan VOLLMOND, berdirinya perusahaan ini dimulai dari sebuah visi untuk membangun usaha karya anak bangsa yang mampu mendunia. Nama <i>ADRO</i> sendiri adalah gabungan nama dari para pendiri. Anda mau buat kaos komunitas, polo shirt, kemeja, seragam kerja, maupun jaket kelas SEKARANG JUGA ke <i>ADRO TEXTILE</i> !</blockquote>
<div style="text-align: justify;">
Terima kasih sudah berkunjung lagi di blog <i>Kumpulan Skripsi</i> dan jangan lupa untuk mengunjungi kembali blog <i>Kumpulan Skripsi</i> ini dan salam dari saya semoga postingan ini bermanfaat untuk anda semua.</div>
<div style="text-align: justify;">
See more at : <i>konveksi</i> by <i><b><a href="http://mmufidn.blogspot.com/2014/05/textile.html" target="_blank">ADRO TEXTILE Konveksi Murah Indonesia – Tlp 081362666444 !</a></b></i>.</div>
Adminhttp://www.blogger.com/profile/01288818467351304475noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-5386290167238028582014-02-08T19:20:00.001+07:002014-02-08T19:21:26.518+07:00Rancangan & Implementasi Point Of Sales (Pos)<div style="text-align: center;">
<b>Rancangan & Implementasi Point Of Sales (Pos)</b></div>
<div style="text-align: center;">
BERBASIS WEB PADA DISTRO PREVIOUS</div>
<div style="text-align: center;">
Naskah Publikasi</div>
<div style="text-align: center;">
diajukan oleh</div>
<div style="text-align: center;">
M Mufid Najmullah</div>
<div style="text-align: center;">
07.12.2589</div>
<div style="text-align: center;">
kepada</div>
<div style="text-align: center;">
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER</div>
<div style="text-align: center;">
AMIKOM</div>
<div style="text-align: center;">
YOGYAKARTA</div>
<div style="text-align: center;">
2011</div>
<div style="text-align: center;">
DEVICE & IMPLEMENTATION POINT OF SALES (POS)</div>
<div style="text-align: center;">
BASE ON THE WEB OF DISTRO PREVIOUS</div>
<div style="text-align: center;">
RANCANGAN & IMPLEMENTASI POINT OF SALES (POS)</div>
<div style="text-align: center;">
BERBASIS WEB PADA DISTRO PREVIOUS</div>
<div style="text-align: center;">
M Mufid Najmullah</div>
<div style="text-align: center;">
Jurusan Sistem Informasi</div>
<div style="text-align: center;">
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA</div>
<div style="text-align: center;">
ABSTRACT</div>
<div style="text-align: justify;">
<span style="text-align: center;"><b>Rancangan & Implementasi Point Of Sales (Pos)</b> </span>Previous distributions is a business entity engaged in the distribution and sale of clothing accessories. Previous Distro in running his business still use the system of recording transactions manually. This has sometimes led to the income and expenditure information is</div>
<div style="text-align: justify;">
sometimes not clear and a little difficult for the owner of distros to see and examine the income and expenditure.</div>
<div style="text-align: justify;">
That try to offer a solution to solve this problem is to create a checkout system to facilitate the transaction process-based website with the methods of <b>Point Of Sales (POS)</b>.</div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Point Of Sales</b>, or abbreviated <b>POS</b> can be freely translated into cash register system, namely activity-oriented sales that occurred in the field of retail business. Web-based <b>POS</b> that will be applied to distributions Previous This becomes very important because this is a <b>POS</b> terminal where the money is received from customers. For business owners, the money goes is the easiest indicator to measure the income of his business and because of this <b>POS</b> web based, so business owners can see the development of sales and revenue transactions are updated with an online business on the internet without having to look directly into the store.</div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Point of sales (POS)</b> registers the number of web-based Distro Previous <b>Sales</b> Transactions among other things, purchases, list items, a list of operators, the list of members, transaction reports, and stock items. <b>Point Of Sales</b> are expected to be useful for distributions Previous in carrying out the transaction process.</div>
<div style="text-align: justify;">
Key words: <b>Point Of Sales</b>, websites, transactions, distributions. <b><a href="http://downloadaplikasi-mmn.blogspot.com/2014/01/software.html" target="_blank">Software Point Of Sales Online Omega POS Cloud</a></b></div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
1. Pendahuluan</div>
<div style="text-align: justify;">
Perjalanan manusia yang begitu dinamis dalam segala bidang, menuntut dan melahirkan sebuah sistem yang dinamis dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi informasi yang pesat dan luasnya potensi pemanfaatannya memberikan kemudahan jalan yang lebar bagi pengaksesan.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pengelolaan dan pendayagunaan informasi yang dalam volume yang besar secara cepat dan tepat.</div>
<div style="text-align: justify;">
Teknologi informasi telah menjadi istilah yang populer saat ini. Namun, para pemilik usaha yang masih awam terhadap teknologi informasi yang mungkin masih belum mengetahui bagaimana kegunaan teknologi informasi dalam bisnis mereka.</div>
<div style="text-align: justify;">
Seperti dalam <b>Point Of Sales</b> perusahaan, masih banyak yang menggunakan sistem manual yang pada akhirnya memperlambat kinerja mereka untuk mengetahui transaksi yang mereka lakukan dalam sehari.</div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Point Of Sales</b> atau disingkat <b>POS</b> dapat diterjemahkan bebas menjadi sistem kasir, yaitu aktivitas yang ber-orientasi pada penjualan yang terjadi pada bidang usaha retail. <b>POS</b> ini menjadi sangat penting karena <b>POS</b> ini merupakan terminal tempat uang diterima dari pelanggan. Bagi pemilik usaha, uang masuk adalah indikator yang paling mudah untuk mengukur pendapatan usahanya. Distro Previous selama ini masih</div>
<div style="text-align: justify;">
menggunakan pencatatan Point of sales yang manual dan tidak berbasis website, sehingga pemilik usaha harus melihat langsung ke distro untuk mengetahui penjualan tokonya dalam sehari dan tidak dapat secara update dengan cara online mengetahui informasi perkembangan perusahannya tersebut dan dengan <b>POS</b> yang berbasis web ini dapat mempermudah perusahaan itu sendiri dalam mencatat transaksinya.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Rancangan & Implementasi Point Of Sales (Pos) Software Point Of Sales Online Omega POS Cloud</b></div>
<div style="text-align: justify;">
2. Landasan Teori</div>
<div style="text-align: justify;">
2.1. Konsep Dasar Sistem</div>
<div style="text-align: justify;">
2.1.1. Pengertian Sistem</div>
<div style="text-align: justify;">
Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Suatu sistem mempunyai maksud sendiri, ada yang menyebutnya sebagai pencapaian suatu tujuan (goal) dan ada pula yang menyebutnya sebagai pencapaian suatu sasaran (objective).</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
2.1.2. Karakteristik Sistem</div>
<div style="text-align: justify;">
Dalam memahami dan mengembangkan suatu sistem, maka perlu membedakan unsur – unsur dari sistem yang membentuknya. Berikut adalah karakteristik sistem :</div>
<div style="text-align: justify;">
2</div>
<div style="text-align: justify;">
Elemen Sistem</div>
<div style="text-align: justify;">
Elemen sistem merupakan inti dari sistem yang saling berinteraksi dan saling bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Setiap elemen memiliki sifat yang dapat memberikan pengaruh pada proses input dan output sistem secara keseluruhan. Disebut juga komponen sistem serta sub sistem.</div>
<div style="text-align: justify;">
Batasan Sistem</div>
<div style="text-align: justify;">
Disebut juga boundary, menunjukkan penggambaran dari suatu elemen sistem yang memiliki kesatuan atau ruang lingkup yang jelas serta membedakan atau membatasi mana yang termasuk bagian di dalam sistem dan mana yang di luar bagian sistem.</div>
<div style="text-align: justify;">
Lingkungan Sistem</div>
<div style="text-align: justify;">
Disebut juga environment, menunjukkan segala sesuatu yang berada di luar batasan sistem, lingkungan sistem menyediakan asumsi, kendala, dan input terhadap suatu sistem. Pengaruhnya dapat menguntungkan maupun merugukan suatu sistem, maka harus ada pengendalian di dalam sistem itu.</div>
<div style="text-align: justify;">
Masukan (input)</div>
<div style="text-align: justify;">
Merupakan sumber daya (data, bahan baku, peralatan, energi) dari lingkungan dan dimanipulasi oleh suatu sistem. Dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). Masukan</div>
<div style="text-align: justify;">
perawatan merupakan energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi, sedangkan masukan sinyal merupakan energi yang diproses agar dapat menghasilkan keluaran.</div>
<div style="text-align: justify;">
Keluaran (output)</div>
<div style="text-align: justify;">
Merupakan sumber daya atau produk (informasi, laporan, dokumen, tampilan, layar komputer, barang jadi) yang disediakan oleh kegiatan dalam suatu proses sistem yang merubah dari masukan atau input menjadi keluaran atau output.</div>
<div style="text-align: justify;">
Penghubung ( interface)</div>
<div style="text-align: justify;">
Tempat dimana elemen sistem atau komponen sistem atau sub sistem dan lingkungan sistem bertemu atau berinteraksi.</div>
<div style="text-align: justify;">
3</div>
<div style="text-align: justify;">
Tujuan Sistem</div>
<div style="text-align: justify;">
Merupakan sasaran dari semua proses yang berjalan dalam suatu sistem, untuk menentukan masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Suatu sistem dikatakan berhasil apabila berjalan sesuai dengan yang diinginkan oleh tujuan.</div>
<div style="text-align: justify;">
2.2. Konsep Dasar Informasi</div>
<div style="text-align: justify;">
2.2.1. Pengertian Informasi</div>
<div style="text-align: justify;">
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya, sehingga ada manfaat yang di dapat. Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum ( data-item). Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian atau suatu kesatuan nyata. Kejadian (Event) adalah suatu yang terjadi pada saat tertentu. Kesatuan nyata (fact) adalah berupa suatu objek nyata seperti tempat, benda dan orang.</div>
<div style="text-align: justify;">
2.2.2. Siklus Informasi</div>
<div style="text-align: justify;">
Data sebagai bahan baku informasi diolah melalui proses menjadi informasi. Informasi yang diterima digunakan untuk membuat suatu keputusan dan melakukan tindakan. Keputusan dan tindakan yang diambil tersebut akan membuat sejumlah data kembali dan begitu seterusnya sehingga akan membentuk sebuah siklus informasi</div>
<div style="text-align: justify;">
2.2.3 Kualitas Informasi</div>
<div style="text-align: justify;">
Dalam menilai kualitas suatu informasi terdiri dari 3 (tiga) kriteria yaitu akurat, relevan, dan tepat waktu.</div>
<div style="text-align: justify;">
2.3 Konsep Dasar Sistem Informasi</div>
<div style="text-align: justify;">
2.3.1 Pengertian Sistem Informasi</div>
<div style="text-align: justify;">
Dalam memahami pengertian sistem informasi, terlebih dahulu telah diketahui bahwa informasi merupakan hal yang sangat penting bagi manajemen di dalam pengambilan keputusan. Informasi dapat diperoleh dari sistem informasi (information system) atau disebut juga dengan processing systems atau information processing</div>
<div style="text-align: justify;">
systems atau information generating systems.</div>
<div style="text-align: justify;">
2.3.2 Komponen Sistem Informasi</div>
<div style="text-align: justify;">
Sistem Informasi berbasis komputer di dalam suatu organisasi terdiri dari komponen-komponen yaitu Perangkat Keras, Perangkat Lunak, Database, Telekomunikasi, Manusia. Sistem Informasi yang terdiri dari komponen – komponen itu disebut dengan istilah blok bangunan ( building block), yaitu blok masukan (input block),</div>
<div style="text-align: justify;">
4</div>
<div style="text-align: justify;">
blok model (model block), blok keluaran (output block), blok tekhnologi (technologi block) dan blok kendali (control block). Sebagai suatu sistem, keenam blok tersebut masing – masing saling berinteraksi satu dengan yang lainya membentuk satu kesatuan untuk mencapai sasarannya.</div>
<div style="text-align: justify;">
2.4 Konsep Dasar Sistem Basis Data</div>
<div style="text-align: justify;">
2.4.1 Pengertian Basis Data</div>
<div style="text-align: justify;">
Sistem basis data merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan dengan yang lainnya untuk tujuan tertentu , yang telah disimpan pada hardisk komputer dan dapat dimanipulasi dengan menggunakan <b>software</b> tertentu yang akan membentuk Database Management System (DBMS).</div>
<div style="text-align: justify;">
2.4.2 Struktur Gambar Flowchart</div>
<div style="text-align: justify;">
Untuk membaca suatu DFD harus memahami elemen-elemen yang menyusun suatu DFD. Ada 4 elemen yang menyusun suatu DFD yaitu :</div>
<div style="text-align: justify;">
Proses</div>
<div style="text-align: justify;">
Aktifitas atau fungsi yang dilakukan untuk alas an bisnis yang spesifik, biasa berupa manual maupun terkomputerisasi.</div>
<div style="text-align: justify;">
Data Flow</div>
<div style="text-align: justify;">
Suatu data tunggal atau kumpulan logis suatu data, selalu diawali atau berakhir suatu proses.</div>
<div style="text-align: justify;">
Data Store</div>
<div style="text-align: justify;">
Kumpulan data yang disimpan dengan cara tertentu. Data yang mengalir disimpan dalam data store. Aliran data diupdate atau ditambahkan ke data store.</div>
<div style="text-align: justify;">
External entity</div>
<div style="text-align: justify;">
Orang, organisasi, atau sistem yang berada di luar sistem tetapi berinteraksi dengan sistem.</div>
<div style="text-align: justify;">
2.5 <b>Point Of Sales (POS)</b></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Point Of Sales</b> atau disebut <b>POS</b> secara sederhananya, dapat diartikan sebagai software yang mencatat transaksi penjualan. Sebelum sistem <b>POS</b> dikembangkan.</div>
<div style="text-align: justify;">
Orang-orang banyak yang menggunakan cash register, atau bahkan manual, dalam menjalankan usaha ritelnya. Tetapi fungsi-fungsi dari cash register ini sendiri sudah tidak memadai lagi. Sehingga dikembangkanlah <b>POS</b>. Seiring berkembangnya jaman, <b>POS</b> juga mulai digunakan di bisnis restoran, sehingga muncullah sebutan "Restaurant <b>Point</b> 5 <b>Of Sales</b>". Di Indonesia sendiri, <b><a href="http://downloadaplikasi-mmn.blogspot.com/2014/01/software.html" target="_blank">software</a></b> ini juga sering disebut (mungkin biar terdengar lebih simpel) <b>software</b> restoran. Untuk lebih detailnya mengenai sejarah perkembangan <b>Point Of Sales</b>.</div>
<div style="text-align: justify;">
2.6 Client Side Scripting</div>
<div style="text-align: justify;">
Client side scripting (CSS), merupakan jenis script yang pengolahannya dilakukan di sisi client. pengolahan disini berarti “di terjemahkan/ interpreted”. yang memiliki tugas untuk menterjemahkan script jenis ini disisi client adalah web browser.</div>
<div style="text-align: justify;">
2.7 Server Side Scripting</div>
<div style="text-align: justify;">
Server side scripting (SSS), merupakan script yang pengolahannya di sisi server.</div>
<div style="text-align: justify;">
Server yang dimaksud disini adalah sebuah komponen yang biasa disebut web server yang didalamnya terintegrasi dengan sebuah mesin (engine)/ modul yang didalamnya terdapat daftar pustaka (library) yang mampu menterjemahkan script-script tersebut yang kemudian setelah di terjemahkan di server kemudian dikirim (ditampilkan) ke client (web browser) dalam format HTML (hypertext markup language).</div>
<div style="text-align: justify;">
2.8. <b>Perangkat Lunak</b> (<b>Software</b> yang digunakan)</div>
<div style="text-align: justify;">
2.8.1. Internet Explorer</div>
<div style="text-align: justify;">
Internet explorer merupakan sebuah software yang sering digunakan user (pengguna) saat surfing sebuah alamat situs internet.</div>
<div style="text-align: justify;">
2.8.2. Apache Web Server</div>
<div style="text-align: justify;">
Apache web server merupakan tulang punggung dari World Wide Web (www). Web server menunggu permintaan dari klien yang menggunakan browser, seperti Nescape Navigator, Internet Explorer, Modzila, Lynx, dan lain-lain. Web server dalam berkomunikasi dengan kliennya menggunakan protokol HTTP (Hyper Text Transfer Protocol).</div>
<div style="text-align: justify;">
2.8.3. MySQL</div>
<div style="text-align: justify;">
MySQL adalah sebuah sistem manajemen basis data relasi (relation database system) yang bersifat “terbuka” (open house). Dimana tiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat clouse source atau komersial.</div>
<div style="text-align: justify;">
2.8.4. Macromedia Dreamwever MX 2004</div>
<div style="text-align: justify;">
Macromedia Dreamwever MX 2004 merupakan program <b><a href="http://downloadaplikasi-mmn.blogspot.com/" target="_blank">aplikasi</a></b> profesional untuk mengedit HTML dan mengelola website serta pages. Program ini menyediakan banyak perangkat yang dapat meningkatkan kemampuan user di dalam membuat web.</div>
<div style="text-align: justify;">
6</div>
<div style="text-align: justify;">
2.8.5. Adobe Photoshop CS</div>
<div style="text-align: justify;">
Photoshop banyak digunakan di lingkungan internet, terutama dalam pengolahan grafik di halaman web. Bagi desainer web atau orang yang ingin mendesain situs yang indah dan menarik merupakan suatu keharusan untuk menguasai tools atau aplikasi yang dapat mengolah grafik web secara baik, salah satu yang terbaik saat ini dan paling banyak digunakan adalah Photoshop.</div>
<div style="text-align: justify;">
2.8.6. XAMPP</div>
<div style="text-align: justify;">
XAMPP adalah sebuah paket web server yang free dan open source cross platform yang di dalamnya terdapat Apache HTTP Server, MySQL Database dan interpreter untuk script yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP.</div>
<div style="text-align: justify;">
3. ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM</div>
<div style="text-align: justify;">
3.1. Analisis Sistem</div>
<div style="text-align: justify;">
Analisis sistem dapat didefinisikan sebagai penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatankesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang</div>
<div style="text-align: justify;">
diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.</div>
<div style="text-align: justify;">
3.2. Analisis Terhadap Sistem Lama</div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Point of sales</b> yang saat ini digunakan oleh Distro Previous Yogyakarta masih menggunakan media yang sederhana untuk melakukan pencataan transaksi, baik transaksi penjualan, pembelian dan yang lainnya.</div>
<div style="text-align: justify;">
3.3. Identifikasai Masalah</div>
<div style="text-align: justify;">
Berdasarkan latar belakang masalah maka berhasil diidentifikasi masalah yang terjadi selama pengamatan dan wawancara terhadap owner/ pemilik Distro Previous Yogyakarta yaitu antara lain :</div>
<div style="text-align: justify;">
Masih terjadi banyaknya kesalahan pencatatan transaksi (Human Error) karena masih menggunakan pencatatan yang manual.</div>
<div style="text-align: justify;">
Lemahnya proses pengawasan transaksi oleh owner terhadap pegawainya, terutama yang bertugas dalam menangani kasir sehari-hari</div>
<div style="text-align: justify;">
Kurangnya media informasi atas transaksi-transaksi Distro Previous Yogyakarta setiap harinya yang diperoleh oleh owner untuk mengetahui laba, rugi dan transaksi lainnya.</div>
<div style="text-align: justify;">
7</div>
<div style="text-align: justify;">
3.4. Analisis Kelemahan Sistem</div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Point of sales</b> (sistem kasir) pada Distro Previous Yogyakarta khususnya dalam menacatat transaksi-transaksi setiap harinya dianalisa degan menggunakan metode/kerangka kerja SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities and Threats) sebagai dasar untuk memperoleh pokok-pokok permasalahan yang lebih jelas dan spesifik.</div>
<div style="text-align: justify;">
3.4.1. Hasil analisis SWOT</div>
<div style="text-align: justify;">
Analisis Strengths (Kekuatan)</div>
<div style="text-align: justify;">
Analisis ini adalah melihat kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi/ perusahaan dan sistem baru yang akan diterapkan pada Distro Previous dalam proses penyampaian informasi dan pencatatan transaksi. Dari hasil analisis terhadap Distro Previous Yogyakarta didapatkan beberapa kekuatan atau kelebihan diantaranya adalah:</div>
<div style="text-align: justify;">
Dari segi perusahaan / organisasi :</div>
<div style="text-align: justify;">
•Belum adanya penggunaan <b>Point of sales</b> berbasis website oleh Distro disekitar Distro Previous.</div>
<div style="text-align: justify;">
•Harga produk yang cukup bersaing serta update terhadap style di kehidupan para pemuda-pemudi. Dari segi sistem yang dirancang:</div>
<div style="text-align: justify;">
•Tampilan <b>Point of sales</b> yang menarik dan mudah digunakan.</div>
<div style="text-align: justify;">
•Informasi transaksi yang ditampilkan selalu di update.</div>
<div style="text-align: justify;">
•Mampu mempermudah owner dan pegawai Distro Pervious Yogyakarta dalam mencatat transaksi dan meminimalisir kesalahan pencatatan (Human Error).</div>
<div style="text-align: justify;">
Analisis Weakness (Kelemahan) Merupakan analisis terhadap kondisi kelemahan yang terdapat dalam perusahaan / organisasi dan sistem yang dirancang. Setelah menganalisa kekuatan, berikut adalah analisa dari kebalikannya yaitu kelemahan dari Distro Previous Yogyakarta yaitu antara lain :</div>
<div style="text-align: justify;">
Dari segi perusahaan / organisasi :</div>
<div style="text-align: justify;">
•Masih kurangnya pengetahuan penggunaan website oleh owner dan pegawai Distro Pervious. 8</div>
<div style="text-align: justify;">
•Masih menggunakan pencatatan transaksi keuangan yang manual. Dari segi sistem yang dirancang:</div>
<div style="text-align: justify;">
•Sistem ini hanya dapat diakses oleh kalangan sendiri yaitu Distro Previous dan tidak dipublikasikan secara umum</div>
<div style="text-align: justify;">
Analisis Opportunities (Peluang) Analisis ini mencoba melihat kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang dilihat adalah peluang pada perusahaan / organisasi dan perancangan <b>Point of sales</b> berbasis website pada Distro Previous. Dalam analisis untuk mengetahui peluang dari perancangan Point of sales pada Distro Previous Yogyakarta, adalah:</div>
<div style="text-align: justify;">
Dari segi perusahaan / organisasi :</div>
<div style="text-align: justify;">
•Dapat bersaing dengan distro-distro besar lain yang sudah menggunakan aplikasi <b>Point Of Sales</b> yang sejenis.</div>
<div style="text-align: justify;">
•Apabila Distro Previous membuka cabang baru, maka proses data dan transaksi dapat tersimpan secara terpusat, serta dapat diakses bersama-sama.</div>
<div style="text-align: justify;">
Dari segi sistem yang dirancang:</div>
<div style="text-align: justify;">
•Karena sistem informasi <b>Point of sales</b> ini bersifat online, maka kemungkinan besar sistem ini masih bisa dikembangkan lebih baik lagi untuk memenuhi kebutuhan Distro tersebut.</div>
<div style="text-align: justify;">
•Seperti yang telah dibahas diatas, apabila distro tersebut membuka cabang, sistem <b>Point of sales</b> ini bisa langsung di integrasikan dengan cabang distro tersebut.</div>
<div style="text-align: justify;">
Analisis Threats (Ancaman) Analisis ini merupakan pengamatan terhadap kondisi yang mengancam baik dari dalam maupun dari luar perusahaan / organisasi. Beberapa hasil analisis terhadap ancaman terhadap rancangan <b><a href="http://downloadaplikasi-mmn.blogspot.com/2014/01/software.html" target="_blank">Point of sales</a></b> pada Distro Previous adalah:</div>
<div style="text-align: justify;">
Dari segi perusahaan / organisasi :</div>
<div style="text-align: justify;">
9</div>
<div style="text-align: justify;">
•Kesalahan penggunaan sistem informasi yang dilakukan oleh pengguna (pegawai dan owner) yang dapat merusak sistem itu sendiri. Dari segi sistem yang dirancang:</div>
<div style="text-align: justify;">
•Karena <b>Point of sales</b> ini berbasis websaite yang online, maka sangat rentan terhadap serangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab (Hacker atau Craker).</div>
<div style="text-align: justify;">
•Ancaman lainnya adalah space pada web hosting yang sewaktuwaktu penuh dan perlu untuk ditambah.</div>
<div style="text-align: justify;">
3.5. Analisis Kebutuhan Sistem Secara sederhana sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen atau variabel-variabel yang terorganisasi, saling berinteraksi saling</div>
<div style="text-align: justify;">
bergantung satu sama lain dan terpadu. Teori sistem secara umum pertama kali diuraikan oleh Kenneth Boulding, terutama menekankan pentingnya perhatian terhadap setiap bagian yang membentuk sebuah sistem.</div>
<div style="text-align: justify;">
3.5.1. Kebutuhan Fungsional Sistem Analisis kebutuhan sistem berhubungan dengan kebutuhan fungsional dari <b>Point of sales</b> berbasis website yang akan dibangun dengan kerangka sebagai berikut :</div>
<div style="text-align: justify;">
Halaman Utama/Homepage Halaman ini adalah halaman utama dari <b>point of sales</b> Distro Previous</div>
<div style="text-align: justify;">
yang berisi berbagai menu dan fasilitas-fasilitas pendukung.</div>
<div style="text-align: justify;">
Login Halaman ini ditujukan kepada admin dan operator Distro pervious yang telah terdaftar dengan melakukan pendataan user dan password mereka terlebih dahulu.</div>
<div style="text-align: justify;">
Proses Halaman ini terdiri dari faktur penjualan, pencatatan pembelian, dan pembatalan transaksi.</div>
<div style="text-align: justify;">
Data Halaman ini terdapat data dari stok barang, data penjualan, dan data pembelian dari Distro Previous.</div>
<div style="text-align: justify;">
10</div>
<div style="text-align: justify;">
Akuntansi Halaman ini terdiri dari berbagai pencataan akuntansi perusahan yang meliputi pencatatan biaya, pencataan modal, dan transfer kas.</div>
<div style="text-align: justify;">
Laporan Halaman ini menyediakan berbagai jenis laporan keungan untuk Distro Previous yaitu laporan laba/rugi, laporan saldo harta, dan hutang usaha.</div>
<div style="text-align: justify;">
Tools Pada halaman ini adalah halaman untuk pengaturan anggota yang berisi ubah password, pengaturan user, dan logout.</div>
<div style="text-align: justify;">
3.5.2. Kebutuhan Operasional Sistem Analisis ini berhubungan dengan kebutuhan operasional yang digunakan untuk membangun dan mengoperasikan sistem informasi diperlukan dengan alat-alat sebagai berikut :</div>
<div style="text-align: justify;">
Perangkat keras (hardware) Untuk membangun sistem yang diusulkan, diperlukan satu komputer</div>
<div style="text-align: justify;">
untuk melakukan update data, konfigurasi komputer yang dibutuhkan. Komputer Pentium Core 2 Duo 2.4 GHz, dengan spesifikasi</div>
<div style="text-align: justify;">
- Motherboard Intel Gigabyte G31</div>
<div style="text-align: justify;">
- RAM 2GB DDR3</div>
<div style="text-align: justify;">
- Harddisk 250 GB</div>
<div style="text-align: justify;">
- DVD RW LG 52x</div>
<div style="text-align: justify;">
- VGA Geforce 9500GT 512Mb</div>
<div style="text-align: justify;">
- Keyboard + mouse Asus Vento</div>
<div style="text-align: justify;">
- Monitor LCD 17’</div>
<div style="text-align: justify;">
Perangkat lunak (<b>Software</b>) Perangkat lunak adalah program yang ditulis sehingga komputer dapat berinteraksi dengan pemakai. Adapun software yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:</div>
<div style="text-align: justify;">
1. Sistem Operasi Windows 7</div>
<div style="text-align: justify;">
2. XAMPP yang terdiri dari :</div>
<div style="text-align: justify;">
11</div>
<div style="text-align: justify;">
a. PHP</div>
<div style="text-align: justify;">
b. MySQL</div>
<div style="text-align: justify;">
c. Apache</div>
<div style="text-align: justify;">
3. Adobe Dreamweaver</div>
<div style="text-align: justify;">
4. Adobe Photoshop</div>
<div style="text-align: justify;">
5. Mozilla Firefox</div>
<div style="text-align: justify;">
Manusia (Brainware)</div>
<div style="text-align: justify;">
Adapun kebutuhan brainware meliputi :</div>
<div style="text-align: justify;">
•Analis sistem</div>
<div style="text-align: justify;">
•Programmer</div>
<div style="text-align: justify;">
•User</div>
<div style="text-align: justify;">
3.6. Analisis Kelayakan Sistem</div>
<div style="text-align: justify;">
12</div>
<div style="text-align: justify;">
3.7. Perancangan system Tahap perancangan sistem adalah tahap mengidentifikasi dari kebutuhan kebutuhan</div>
<div style="text-align: justify;">
fungsional untuk persiapan dalam rancang bangun implementasi, yang bertujuan untuk merancang dan mendesain sisten dalam memenuhi kebutuhan pemakai system.</div>
<div style="text-align: justify;">
3.8. Permodelan</div>
<div style="text-align: justify;">
3.8.1. Flowchart Sistem</div>
<div style="text-align: justify;">
3.8.2. Perancangan DFD</div>
<div style="text-align: justify;">
13</div>
<div style="text-align: justify;">
3.9. Normalisasi</div>
<div style="text-align: justify;">
4. IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN</div>
<div style="text-align: justify;">
4.1. Implementasi Database</div>
<div style="text-align: justify;">
4.2. Uji Coba Sistem</div>
<div style="text-align: justify;">
Dalam uji coba sistem ini akan dilakukan 2 jenis pengujian, yaitu white box testing dan black box testing.</div>
<div style="text-align: justify;">
14</div>
<div style="text-align: justify;">
4.2.1. White Box Testing White Box Testing adalah metode desain test case yang menggunakan struktur</div>
<div style="text-align: justify;">
kontrol desain prosedural untuk memperoleh test case. Test case merupakan suatu tes yang dilakukan berdasarkan pada suatu inisialisasi, masukan, kondisi ataupun hasil yang telah ditentukan sebelumnya.</div>
<div style="text-align: justify;">
4.2.2. Black Box Testing Black Box Testing merupakan pengujian spesifikasi, yaitu menguji suatu fungsi</div>
<div style="text-align: justify;">
atau modul apakah dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan atau tidak. Uji coba ini berfokus pada tampilan program dalam melakukan pencatatan transaksi sehari-hari pada Distro Previous.</div>
<div style="text-align: justify;">
4.3. Implementasi Menu Program</div>
<div style="text-align: justify;">
4.4. Mekanisme upload</div>
<div style="text-align: justify;">
4.4.1. Mendaftar di web hosting</div>
<div style="text-align: justify;">
Penulis memilih hosting di www.sentralhost.com dengan alasan karena web hosting Sentrahost merupakan server hosting yang cukup murah dengan server yang berpusat di Amerika Serikat. Setelah membeli domain dan hostingan dari sentralhost maka akan mendapat acount untuk mengakses Cpanel.</div>
<div style="text-align: justify;">
15</div>
<div style="text-align: justify;">
5. Penutup</div>
<div style="text-align: justify;">
5.1. Kesimpulan</div>
<div style="text-align: justify;">
Dari hasil pembuatan <b>aplikasi software Point Of Sales online omega pos cloud</b> pada Distro Previous Yogyakarta, dan sebagai akhir dari laporan, penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :</div>
<div style="text-align: justify;">
1) Aplikasi pos berbasis web ini merupakan salah satu sarana penting bagi Distro Previous dalam pencatatan transaksi penjualan.</div>
<div style="text-align: justify;">
2) Dengan adanya pos berbasis website ini, owner dapat melihat transaksi pada perusahaannya tanpa harus datang ke tokonya.</div>
<div style="text-align: justify;">
3) Dari hasil uji coba masih terdapat beberapa kekurangan fasilitas seperti proses ubah stok barang pada menu data.</div>
<div style="text-align: justify;">
4) Website posprevious.com hanya melakukan pencatatan transakasi Distro saja dan tidak bisa dipublish untuk pelanggan.</div>
<div style="text-align: justify;">
5.2. Saran</div>
<div style="text-align: justify;">
Berdasarkan analisis dan kesimpulan diatas, dan juga sebagai bahan pertimbangan bagi Distro Previous Yogyakarta dalam peningkatan usahanya, saran yang ingin penulis sampaikan sebagai berikut :</div>
<div style="text-align: justify;">
1) Jika <b>aplikasi point of sales</b> yang dibuat penyusun menjadi pilihan solosi alternatif bagi Distro Previous dalam pencatatan transakasi-transaksi penjualan sehari-hari, hendaklah selalu diperhatikan keakurasiannya</div>
<div style="text-align: justify;">
informasi yang diberikan dan ketepatan dalam memasukkan stock barang agar tidak ada kesalah pahaman antara admin dan operator.</div>
<div style="text-align: justify;">
2) Sistem yang penulis rancang sebatas sistem informasi berbasis website yang masih bersifat sementara, sistem ini diharapkan nantinya dapat dikembangkan lagi sehingga menghasilkan sistem baru dengan informasi</div>
<div style="text-align: justify;">
yang lebih lengkap.</div>
<div style="text-align: justify;">
3) Perlunya pengembangan fasilitas pedukung lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman agar website dapat memberikan informasi secara optimal.</div>
<div style="text-align: justify;">
16</div>
<div style="text-align: justify;">
DAFTAR PUSTAKA</div>
<div style="text-align: justify;">
<b><a href="http://downloadkumpulanskripsi-mmn.blogspot.com/2014/02/point-of-sales.html" target="_blank">Rancangan & Implementasi Point Of Sales Pos</a></b>, <b>Software Point Of Sales Online Omega POS Cloud</b></div>
Adminhttp://www.blogger.com/profile/01288818467351304475noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-11889360339187997052012-07-05T21:43:00.000+07:002012-07-05T21:43:32.444+07:00PERANAN PONDOK PESANTREN REHABILITASI MENTAL<div style="text-align: center;">BAB I </div><div style="text-align: center;"><br />
</div><div style="text-align: center;">PENDAHULUAN </div><br />
A. Latar Belakang <br />
<br />
<div style="text-align: justify;"><ul><li>Pondok pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan Islam, yakni lembaga yang digunakan untuk mempelajari agama Islam, sekaligus sebagai pusat penyebarannya. Sebagai pusat penyebaran agama Islam di pesantren dituntut untuk mengembangkan fungsi dan perannya, yaitu mengupayakan tenaga-tenaga atau misi-misi agama, yang nantinya diharapkan mampu membawa perubahan kondisi, situasi, dan tradisi masyarakat yang lebih baik. </li>
</ul></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><ul><li>Dengan ini pondok pesantren diharapkan tidak hanya berkemampuan dalam pembinaan pribadi muslim yang islami, tetapi juga mampu mengadakan perubahan dan perbaikan sosial kemasyarakatan. Pengaruh pesantren sangat terlihat positif bila alumnusnya telah kembali ke masyarakat dengan membawa berbagai perubahan dan perbaikan bagi kehidupan masyarakat sekitarnya. </li>
</ul></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><ul><li>Pada era globalisasi ini, pesantren dihadapkan pada perkembangan masalah yang sangat pesat, sehingga pesantren dituntut untuk harus bisa mengantisipasi perkembangan tersebut. Jika tidak, maka pesantren akan berada pada posisi yang tersisih. Bertolak dari hal tersebut, pesantren kini tidak harus memfokuskan perhatian pada lembaga pendidikan agama saja, melainkan juga harus mengembangkan fungsi dan perannya dalam rangka memperbaiki kondisi masyarakat yang mengalami krisis moral dan cenderung memperbaiki kondisi masyarakat yang mengalami krisis moral yang cenderung berbuat kriminal, mengidentifikasikan kurangnya pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap ajaran agama, sehingga keadaan demikian itu mereka anggap sebagai hal yang wajar terjadi. </li>
</ul></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><ul><li>Faktor lingkungan dapat menjadi fenomena yang baik dan buruk yang dapat menjadi faktor kriminogen, yaitu faktor yang dapat berpengaruh terhadap timbulnya kejahatan. Perkembangan dan perubahan sosial dapat pula membawa akibat negatif, yakni timbulnya kenalan-kenakalan remaja serta timbulnya perbuatan-perbuatan yang mengarah pada tindakan kriminal.[1]</li>
</ul></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;">[1] Nanik Wijayanti dan Yulus, Kejahatan dalam Masyarakat dan Pencegahannya. Bima Aksara. Jakarta, 1987, hal : 1</div><br />
jika anda pengen yang lengkap, silahkan unduh <a href="http://www.4shared.com/rar/FiQ5JOMX/PERANAN_PONDOK_PESANTREN_REHAB.html" target="_blank">disini</a>Unknownnoreply@blogger.com2tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-42128105791490457682012-06-26T07:50:00.001+07:002012-06-26T07:54:22.111+07:00Peran Kepala Sekolah Dalam Usaha Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam<div style="text-align: center;">BAB I </div><div style="text-align: center;"><br />
</div><div style="text-align: center;">PENDAHULUAN </div><br />
A. Latar Belakang Masalah <br />
<br />
<div style="text-align: justify;"><br />
<ul><li>Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi perserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. </li>
</ul></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><br />
<ul><li>Tujuan pendidikan nasional ditekankan kembali dalam rumusan arah kebijakan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan kualitas manusia sedini mungkin secara terarah, terpadu dan menyeluruh melalui berbagai upaya pro aktif dan kreatif oleh seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal. Rumusan tersebut sesuai dengan penjelasan dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang menegaskan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan suatu sistem pengajaran nasional yang diatur dengan Undang-Undang<a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">[1]</a>. Semua itu merupakan bagian dari program pendidikan nasional yang perlu diupayakan keberhasilannya, terutama oleh kualitas sumber daya manusianya baik yang menjadi pengambil keputusan, penentu kebijakan, pemikir dan perencana maupun yang menjadi pelaksana sektor kedepan dan pelaku fungsi kontrol atau pengawas pembangunan. </li>
</ul></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><br />
<ul><li>Pendidikan mempunyai peran yang sangat besar dan sekaligus merupakan sumber daya yang sangat penting. Khususnya bagi negara yang sedang berkembang. Dari uraian di atas maka sebagai salah satu jalan keluar yang paling baik untuk mengatasi hal tersebut adalah melalui jalan pendidikan karena pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan pendidikan akan membantu membentuk kepribadian dimasa yang akan datang dan sekaligus juga mempunyai fungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan tujuan nasional. </li>
</ul></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><br />
<ul><li>Hal ini sebagaimana dikemukakan dalam pembukaan Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II pasal 2 dan 3, yang berbunyi sebagai berikut: </li>
</ul></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;">1. Pasal 2 : Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. </div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;">2. Pasal 3 : Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan serta bertanggung jawab.<a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">[2]</a></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><br />
<ul><li>Sarana yang paling strategis untuk mewujudkan peningkatan sumber daya manusia adalah melalui pendidikan. Akan tetapi, bidang pendidikan yang strategis ini akan bermakna dan dapat mancapai tujuannya apabila pendidikan tersebut memiliki sistim yang relevan dengan pembangunan dan kualitas yang tinggi baik dari segi proses maupun hasilnya. Mengelola dan mengembangkan sekolah menjadi maju dan bermutu terletak pada mutu warga sekolah, misalnya kepala sekolah, guru, staf administrasi, siswa, masyarakat serta iklim dan kultur disekitarnya. </li>
</ul></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">[1]</a> Undang-Undang Dasar 1945 (Jakarta: Pustaka Amani, 1993), hlm. 27. </div><div style="text-align: justify;"><a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">[2]</a> Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Bandung: Delpin, 2003), hlm.8 </div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;">jika anda pengen yang lengkap, silahkan unduh <a href="http://www.4shared.com/rar/PBOrrhPD/Peran_kepala_sekolah_dalam_usa.html" target="_blank">disini</a></div>Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-79489170675416952952012-06-10T02:37:00.001+07:002012-06-26T07:56:14.691+07:00PENGEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN PONDOK MODERN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME SANTRI<div style="text-align: center;">BAB I </div><div style="text-align: center;"><br />
</div><div style="text-align: center;">PENDAHULUAN</div><div><br />
A. Latar Belakang Masalah <br />
<br />
<div style="text-align: justify;"><ul><li>Visi pembangunan di era reformasi diarahkan pada terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju dan sejahtera, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang didukung oleh manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum, dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi serta berdisiplin.<a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">[1]</a></li>
</ul><div><br />
</div><ul><li>Perwujudan manusia yang berkualitas tersebut menjadi tanggung jawab pendidikan, terutama dalam mempersiapkan peserta didik menjadi subyek yang makin berperan menampilkan keunggulan dirinya yang tangguh, kreatif, mandiri dan profesional pada bidangnya masing-masing. Hal tersebut diperlukan, terutama untuk mengantisipasi era kesejagatan, khususnya globalisasi pasar bebas di lingkungan Negara-negara ASEAN, seperti AFTA (Asean Free Trade Area), dan AFLA (Asean Labour Area), maupun di kawasan Negara-negara Asia Pasifik (APEC).<a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">[2]</a></li>
</ul></div><br />
<a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">[1]</a> E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Rosda Karya, Bandung, 2004, h. 3 <br />
<a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">[2]</a> Ibid,<br />
<br />
jika anda pengen yang lengkap, silahkan unduh <a href="http://www.4shared.com/rar/8_0poALn/PENGEMBANGAN_SISTEM_PENDIDIKAN.html" target="_blank">disini</a></div>Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-87442383173735877372012-06-10T02:27:00.001+07:002012-06-26T07:57:26.497+07:00PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA<div style="text-align: center;">BAB I </div><div style="text-align: center;"><br />
</div><div style="text-align: center;">PENDAHULUAN </div><br />
<br />
A. Latar Belakang Masalah <br />
<br />
<div style="text-align: justify;"><ul><li>Tugas utama guru adalah menciptakan suasana dalam kelas agar terjadi interaksi belajar mengajar yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik dan sungguh-sungguh. Untuk itu guru seyogyanya memiliki kemampuan untuk melakukan interaksi belajar mengajar yang baik. Salah satu kemampuan yang sangat penting adalah kemampuan dalam mengelola kelas. </li>
</ul></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><ul><li>Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat dua hal yang turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar, yaitu pengelolaan kelas dan pengajaran itu sendiri. Kedua hal itu saling tergantung. Keberhasilan pengajaran, dalam arti tercapainya tujuan-tujuan intruksional sangat bergantung pada kemampuan mengelola kelas. Kelas yang baik dapat menciptakan situasi yang memungkinkan siswa belajar sehingga merupakan titik awal keberhasilan pengajaran (Semiawan dkk, 1992: 63). Siswa dapat belajar dengan baik, dalam suasana yang wajar tanpa tekanan dan dalam kondisi yang merangsang untuk belajar. Mereka memerlukan bimbingan dan bantuan untuk mamahami bahan pengajaran dalam berbagai kegiatan belajar. Untuk menciptakan suasana yang menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan prestasi belajar siswa, dan lebih memungkinkan guru memberikan bimbingan terhadap siswa dalam belajar, diperlukan pengorganisasian atau pengelolaan kelas yang memadai. Pengorganisasian kelas adalah suatu rentetan kegiatan guru untuk menumbuhkan dan mempertahankan organisasi yang efektif, yang meliputi: tujuan pengajaran, pengaturan penggunaan waktu yang tersedia, pengaturan ruangan dan perabotan pelajaran, serta pengelompokan siswa dalam belajar (Semiawan dkk, 1992: 64).</li>
</ul></div><br />
jika anda pengen yang lengkap, silahkan unduh <a href="http://www.4shared.com/rar/NCgTWZmM/PENGELOLAAN_KELAS_DALAM_MENING.html?" target="_blank">disini</a>Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-60161526611950612462012-05-13T22:44:00.001+07:002012-06-26T07:58:28.527+07:00Pelaksanaan kurikulum berbasis kompotensi (KBK) dalam meningkatkan mutu pendidikan agama islam<div style="text-align: center;">BAB I </div><div style="text-align: center;"><br />
</div><div style="text-align: center;">PENDAHULUAN </div><div style="text-align: center;"><br />
</div>A. Latar Belakang<br />
<br />
<div style="text-align: justify;"><ul><li>Selama ini proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terfokus pada keaktifan seorang pendidik (guru). Sedangkan peserta didik diposisiskan sebagai objek yang tidak pernah menjadi subjek. Karena mutu pendidikan tak kunjung mengalami peningkatan menuju mutu yang lebih baik. Berangkat dari fenomena tersebut di atas muncullah suatu kurikulum baru yang diharapkan mampu mengatasi berbagai kelemahan dalam dunia pendidikan. </li>
</ul></div><br />
<div style="text-align: justify;"><ul><li>Kurikulum di sini merupakan ciri utama pendidikan di sekolah. Dengan kata lain kurikulum merupakan syarat mutlak, hal ini berarti bahwa kurikulum merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pengajaran. Dapat kita bayangkan bagaimana bentuk pelaksanaan suatu pendidikan. Juga banyak terjadi permasalahan diantaranya kurikulum terlalu padat, tidak sesuai dengan kebutuhan anak, terlalu memberatkan anak, merepotkan guru dan sebagainya. Oleh karena itu akan dilakukan renofasi melalui penerapan kurikulum. Untuk kepentingan tersebut pemerintah memprogramkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) atau (compatancy based curriculum) sebagai acuan dan pedoman bagi pelaksaaan pendidikan untuk mengembangkan berbagai ranah pendidikan (pengetahuan, ketrampilan, dan sikap) dalam seluruh jenjang dan jalur pendidikan khususnya pada jalur pendidikan sekolah.</li>
</ul></div><br />
jika anda pengen yang lengkap, silahkan unduh <a href="http://www.4shared.com/rar/iUIGaHi7/Pelaksanaan_kurikulum_berbasis.html" target="_blank">disini</a>Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-56509328054757371902012-05-13T22:34:00.001+07:002012-06-26T07:59:38.747+07:00PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM<div style="text-align: center;">BAB I </div><div style="text-align: center;"><br />
</div><div style="text-align: center;">PENDAHULUAN </div><div style="text-align: center;"><br />
</div>A. Latar Belakang Masalah<br />
<br />
<div style="text-align: justify;"><ul><li>Islam adalah syari’at yang diturunkan kepada umat manusia dimuka bumi ini agar mereka beribadah kepada-Nya. Penanaman keyakinan terhadap Tuhan hanya bisa dilakukan melalui proses pendidikan baik di rumah, sekolah maupun lingkungan. Pendidikan Agama Islam merupakan kebutuhan manusia yang dilahirkan dengan membawa potensi dapat dididik dan mendidik sehingga mampu menjadi khalifah di muka bumi, serta pendukung dan pemegang kebudayaan. </li>
</ul></div><br />
<div style="text-align: justify;"><ul><li>Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyikapi peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa <a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">[1].</a> Pernyataan tersebut sejalan dengan pendapat Zakiyah Daradjat sebagai berikut: Pendidikan Agama Islam adalah suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Lalu menghayati tujuan yang pada akhirnya dapat mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pandangan hidup <a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">[2].</a> </li>
</ul></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">[1]</a> Abdul Majid, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi ( Bandung: Rosdakarya, 2004), 130. <br />
<a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">[2]</a> Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam ( Jakarta: Bumi Aksara, 1996), 87.<br />
<br />
jika anda pengen yang lengkap, silahkan unduh <a href="http://www.4shared.com/rar/kcEGKCi0/PELAKSANAAN_KEGIATAN_EKSTRA_KU.html" target="_blank">disini</a>Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-78261072791186878132012-05-13T22:06:00.001+07:002012-05-13T22:25:07.521+07:00Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)1<div style="text-align: center;">BAB I </div><div><div style="text-align: center;"><br />
</div><div style="text-align: center;">PENDAHULUAN </div><br />
A. Latar Belakang Masalah <br />
<br />
<div style="text-align: justify;"><ul><li>Kepemimpinan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam manajemen berbasis sekolah. Kepemimpinan berkaitan dengan masalah kepala sekolah dalam meningkatkan kesempatan untuk mengadakan pertemuan secara efektif dengan para guru dalam situasi yang kondusif. Prilaku kepala sekolah harus dapat mendorong kinerja para guru dengan menunjukkan rasa bersahabat, dekat dan penuh pertimbangan terhadap guru baik secara individu maupun sebagai kelompok (Mulyasa, 2003: 107). </li>
</ul></div><br />
<div style="text-align: justify;"><ul><li>Kepala sekolah sebagai pimpinan di lingkungan sekolah tidak hanya wajib melaksanakan tugas administratif. Namun juga menyangkut tugas bagaimana mengatur seluruh program sekolah. Dia harus mampu memimpin dan mengarahkan aspek-aspek baik administratif maupun proses kependidikan di sekolahnya. Sehingga kepemimpinan di sekolah harus digerakkan sedemikian rupa sehingga pengaruh prilakunya sebagai orang yang memegang kunci dalam perbaikan administratif dan pengajaran harus mampu menggerakkan kegiatan-kegiatan dalam rangka inovasi di bidang pengajaran. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah dapat mewujudkan misi dan visi, tujuan dan sasaran sekolah melalui program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Maka dari itu kepala sekolah dituntut untuk memiliki kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang tangguh agar mampu mengambil keputusan dan prakarsa untuk meningkatkan mutu sekolah.</li>
</ul><br />
<ul><li>Untuk kepentingan itu kepala sekolah harus mampu memobilisasikan sumber daya sekolah dalam kaitannya dengan perencanaan dan evaluasi program sekolah. Pengembangan kurikulum pembelajaran, sarana dan sumber belajar, hubungan sekolah dan masyarakat dan pencipta iklim sekolah.</li>
</ul></div><br />
jika anda pengen yang lengkap, silahkan unduh <a href="http://www.4shared.com/rar/G2EYTbDg/Manajemen_Berbasis_Sekolah1.html" target="_blank">disini</a></div>Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-64868515178292205192012-05-01T07:46:00.005+07:002012-06-26T08:02:18.807+07:00MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN<div style="text-align: center;">BAB I </div><div style="text-align: justify;"><br />
<div style="text-align: center;">PENDAHULUAN </div><br />
A. Latar Belakang Masalah<br />
<br />
<ul><li>Perkembangan ilmu pengetahuan sangat ditentukan oleh perkembangan dunia pendidikan, dimana dunia pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam menentukan arah maju mundurnya kualitas pendidikan. Hal ini bisa dirasakan ketika sebuah lembaga pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan yang benar-benar bagus, maka dapat dilihat kualitasnya. Berbeda dengan lembaga pendidikan yang melaksanakan pendidikan hanya dengan sekedarnya maka hasilnyapun biasa-biasa saja. </li>
</ul><br />
<ul><li>Dari tahun ke tahun, salah satu problem yang dihadapi oleh dunia pendidikan nasional adalah rendahnya mutu pendidikan pada tiap jenjang dan satuan pendidikan terutama jenjang pendidikan dasar dan menengah. Maka sudah sewajarnya kalau menjadi kegelisahan insan pendidikan tentang bagaimana memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan ke arah yang lebih tinggi. Segala upaya telah dilakukan seperti pelatihan dan peningkatan kualifikasi guru, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan lainnya, serta peningkatan kepemimpinan dan manajemen sekolah. Namun demikian, indikator mutu pendidikan tidak menunjukkan perubahan yang cukup berarti. </li>
</ul><br />
<ul><li>Dalam Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa Pendidikan merupakan kunci kemajuan, semakin baik kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu masyarakat/bangsa, maka akan diikuti dengan semakin baiknya kualitas masyarakat/bangsa tersebut. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.<a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank"><span style="color: blue;">[1]</span></a></li>
</ul><br />
<ul><li>Pendidikan memegang peranan kunci dalam pengembangan sumber daya manusia dan insan yang berkualitas. Secara kuantitas kemajuan pendidikan di Indonesia cukup menggembirakan, namun secara kualitas, perkembangannya masih belum merata. Salah satu komponen yang sering dijadikan sasaran penyebab menurunnya mutu pendidikan adalah kurikulum. Kesan yang muncul di masyarakat adalah setiap ganti menteri pasti ganti kurikulum. Padahal kurikulum yang terdahulu belum tersosialisasi secara merata, tiba-tiba diganti dengan yang baru. Artinya, setiap inovasi pendidikan atau pembelajaran perlu sosialisasi yang merata dan terus menerus, mencakup tidak hanya dimensi-dimensi praktis-operasional, tetapi juga landasan-landasan konseptual filosofisnya.<a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank"><span style="color: blue;">[2]</span></a></li>
</ul><br />
<a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank"><span style="color: blue;">[1]</span></a> Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Undang-undang RI No.20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Bandung: Fokusmedia, 2005), hlm. 95 <br />
<a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank"><span style="color: blue;">[2]</span></a> Muhaimin, Pengembangan Kurikulum PAI di Sekolah, Sekolah dan Perguruan Tinggi (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005)</div><div style="text-align: justify;"></div><br />
jika anda pengen yang lengkap, silahkan unduh <a href="http://www.4shared.com/rar/g1iE4ttP/MANAJEMEN_BERBASIS_SEKOLAH__MB.html" target="_blank">disini</a>Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-71444924633333887842012-04-29T22:04:00.003+07:002012-06-26T08:06:50.525+07:00INOVASI PENDIDIKAN AKHLAK BERBASIS MANAJEMEN QOLBU<div style="text-align: center;">BAB I <br />
<br />
PENDAHULUAN </div><br />
A. Latar Belakang<br />
<ul style="text-align: justify;"><li>Terjadinya aksi dan tindak kekerasan (violence) akhir-akhir ini merupakan fenomena yang seringkah kita saksikan. Bahkan hal itu hampir selalu menghiasi informasi media masa. Sebagai contoh adalah, terjadinya tawuran antar pelajar, pemerkosaan, pembakaran gedung, pembunuhan, pembantaian, dan tindak anarkis yang lain. Itulah salah satu fenomena krisis akhlak yang kini tengah menimpa bangsa kita. Disamping itu, masih banyak krisis akhlak yang lain, seperti mabuk-mabukkan, penyalahgunaan narkotika, suap dan lain sebagainya. Krisis multi dimensional yang menimpa bangsa ini, salah satu penyebabnya -dan boleh jadi ini merupakan sebab yang paling utama- adalah karena terjadinya krisis moral atau akhlak. Krisis moral terjadi karena sebagian besar orang tidak mau lagi mengindahkan tuntunan agama, yang secara normative mengajarkan kepada pemeluknya untuk berbuat baik, meninggalkan perbuatan-perbuatan maksiat dan munkarat (Az-Zaibari, 2003:5,6).</li>
</ul><ul style="text-align: justify;"></ul><br />
jika anda pengen yang lengkap, silahkan unduh <a href="http://www.4shared.com/rar/fxEI4pxP/INOVASI_PENDIDIKAN_AKHLAK_BERB.html" target="_blank">disini</a><br />
<ul style="text-align: justify;"></ul>Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-59056700261294088942012-04-28T22:04:00.002+07:002012-06-26T08:09:00.517+07:00IMPLEMENTASI METODE KONTEMPORER DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN<div style="text-align: center;">BAB I <br />
<br />
PENDAHULUAN </div><br />
A. Latar Belakang <br />
<br />
<ul style="text-align: justify;"><li>Al Qur’an merupakan Kitab Suci yang diturunkan oleh Allah s.w.t kepada Nabi Muhammad s.a.w sebagai mu’jizat dan salah satu rahmat yang tiada taranya bagi alam semesta. Allah s.w.t. menurunkan KitabNya yang kekal Al Qur’an-agar dibaca oleh lidah-lidah manusia, didengarkan oleh telinga mereka, ditadaburi oleh akal mereka, dan menjadi ketenangan bagi hati mereka.<a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">[1]</a> Selain itu Al Qur’an juga merupakan petunjuk kepada jalan yang benar/lurus. Sebagaimana yang tertuang dalam firman Allah Q.S. Al Isro’ ayat 9, yang berbunyi:</li>
</ul><br />
<ul style="text-align: justify;"><li>إنَّ هذا القرآنَ يَهْدِيْ للتيْ هِيَ أقوَمُ ويُبَشرُ المُؤْمنيْنَ الذيْنَ يَعْملوْنَ الصَّالِحَاتِ أنَّ لهُمْ أجْرًا كَبيْرًا (الإسراء: ) Artinya: “Sesungguhnya Al Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu’min yang mengerjakan amal sholeh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (Q.S Al Isro’: 9) <a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">[2]</a></li>
</ul><br />
<a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">[1]</a> Yusuf Qardhawi, Berinteraksi dengan Al Qur’an (Bandung: Mizan, 1998), hlm. 175 <br />
<a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">[2]</a> Al Qur’an dan Terjemahnya (Jakarta: Yayasan Penyelenggara, Penterjemah/Pentafsir Al Qur’an, 1971) hlm. 425-426<br />
<br />
jika anda pengen yang lengkap, silahkan unduh <a href="http://www.4shared.com/rar/tzMYKyT0/IMPLEMENTASI_METODE_KONTEMPORE.html" target="_blank">disini</a><br />
<br />
<span lang="SV"></span><br />
<div style="mso-element: footnote-list;"><div id="ftn2" style="mso-element: footnote;"></div></div>Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-90720213393704009192012-04-24T11:47:00.006+07:002012-06-26T08:11:07.593+07:00efektifitas pondok romadon terhadap pengembangan materi pendidikan agama islam di sekolah umum<div style="text-align: center;">PENDAHULUAN </div><br />
A. LATAR BELAKANG <br />
<br />
<ul><li style="text-align: justify;">Kompleksitas problematika kehidupan di era globalisasi telah menawarkan banyak tantangan dan keuntungan bagi kelangsungan hidup manusia. Dan tantangan yang paling berat dalam hal ini adalah persoalan pilihan nilai moral, budaya, dan keagamaan, terutama bagi kalangan remaja. Hal ini disebabkan oleh faktor psikologis mereka yang mengalami masa pubertas (masa pencarian nilai-nilai/ norma yang dirasa sesuai dengan dunianya). Tantangan tersebut nampaknya menjadi problematika tersendiri bagi para guru agama untuk segera diatasi atau bahkan diantisipasi sedini mungkin.<a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">[1]</a> </li>
</ul><br />
<ul><li style="text-align: justify;">Abu Ahmadi juga menjelaskan bahwa penanaman nilai-nilai agama Islam sejak dini sangatlah diperlukan guna mendukung dan mewujudkan tujuan dari pendidikan agama Islam. Terutama pada masa seperti saat ini, di mana multi krisis telah sangat akrab dengan kehidupan kita, khususnya masalah krisis moral. Selain itu, agama Islam memuat ajaran tentang tata hidup yang meliputi seluruh aspek kehidupan manusia. Atau, dengan kata lain bahwa ajaran Islam berisi pedoman–pedoman pokok yang harus digunakan untuk menyiapkan kehidupan yang sejahtera di dunia sekarang dan di akhirat nanti. <a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">[2]</a> </li>
</ul><br />
<ul><li style="text-align: justify;">Dengan demikian, peran guru agama Islam di sekolah sangat berpengaruh dalam pembinaan karakter/ kepribadian siswa yang dididiknya. Sebab materi pendidikan agama yang diajarkan lebih sering menyentuh masalah moral dan perilaku manusia baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial. Dalam hal ini, guru agama diharapkaan dapat mengembangkan potensi positif yang dimiliki oleh setiap siswanya. Karena pada dasarnya setiap insan itu membawa potensi kebaikan sebagaimana telah disabdakan Rasulullah saw: </li>
</ul><div style="text-align: justify;"><br />
</div><ul><li style="text-align: justify;">حَدَّثَناَ عَبْدَانُ أَخْبَرَنَا يُوْنُسُ عَنِ الزُّهْرِى أَخْبَرَنِيْ أَبُوْ سَلْمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ مَوْلُوْدٍ إِلاَّ يُوْلَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ كَمَا تُنْتَجُ الْبَهِيْمَةُ بَهِيْمَةً جَمْعَاءَ هَلْ تَحُسُّوْنَ فِيْهَا مِنْ جَدْعَاءَ.(من صحيح البخاري كتاب الجنائز, رقم: 1270, إذا أسلم الصبي) </li>
</ul><ul><li style="text-align: justify;">ِArtinya: Rasulullah saw bersabda: "Tiada seorang anak pun yang dilahirkan kecuali dalam keadaan suci, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, ataupun Majusi sebagaimana binatang ternak yang dicocok hidungnya dan apakah kamu menganggap hal itu sebagai suatu paksaan"(H.R. Bukhori, Kitab Jenazah, no 1270, Bab ketika seorang anak masuk Islam).<a href="http://kumpulanskripsi-mmn.blogspot.com/" target="_blank">[3] </a></li>
</ul><a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">[1]</a> Qomar, Mujamil. 2003. Meniti Jalan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. h. 246-247<br />
<a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">[2]</a> Ahmadi, A. dan Uhbiyatti, N. 2001. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Rineka Cipta. h. 110<br />
<div><a href="http://kumpulanskripsi-mmn.blogspot.com/" target="_blank">[3]</a>Bukhori.1992. Shohih Bukhori. Beirut-Libanon: Darul Kutub Al-Ilmiyah<br />
<ul></ul><div><span style="background-color: white; color: #222222; font-family: Arial, Tahoma, Helvetica, FreeSans, sans-serif; font-size: 13px; line-height: 18px;">jika anda pengen yang lengkap, silahkan unduh </span><a href="http://www.4shared.com/rar/wfyjkUmo/efektifitas_pondok_romadon_ter.html?" target="_blank">disini</a></div></div>Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-9296308571854554582012-04-17T18:00:00.007+07:002012-06-26T08:12:28.474+07:00EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MEMBENTUK BI'AH AL-'ARABIYAH<div style="text-align: center;">BAB I </div><div style="text-align: center;"><br />
</div><div style="text-align: center;">PENDAHULUAN </div><div style="text-align: center;"><br />
</div>A. LATAR BELAKANG<br />
<br />
<ul><li style="text-align: justify;">Efektifitas dalam suatu kegiatan berkenaan dengan sejauh mana apa yang direncanakan ataudapat diinginkan dapat terlaksana atau tercapai. Bila ada sepuluh jenis kegiatan yang kita rencanakan, dan tercapai hanya empat kegiatan yang dapat dilaksanakan, maka efektifitas kegiatan kita masih belum memadai. Demikian pula bila ada sepuluh tujuan yang kita inginkan dan ternyata hanya lima yang tercapai, maka usaha untuk mencapai tujuan tersebut masih dipandang kurang efektif. <a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">[1]</a> </li>
</ul><div style="text-align: justify;"><br />
</div><ul><li style="text-align: justify;">Dalam bidang pendidikan, efektifitas ini dapat kita tinjau dari dua segi: Pertama: Efektifitas mengajar seorang guru terutama mencakup sejauh mana jenisi-jenis kegiatan belajar mengajar yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik. Kedua: Efektifitas belajar murid terutama menyangkut sejauh mana tujuan-tujuan pelajaran yang diinginkan telah dapat dicapai melalui kegiatan belajar mengajar yang ditempuh.<a ah%20al-'arabiyah="" href="http://mmufidn.blogspot.com/" skripsi%20siti%20shofiyah.doc#_ftn2'="" target="_blank">[2]</a> </li>
</ul><br />
<a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">[1]</a> Hendyat Soetopo dan Wasty Soemanto, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Penerbit: Bina Aksara Jakarta, 1986, Hal. 50 <br />
<a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">[2]</a> Ibid, Hal. 51<br />
<div><br />
</div><div>jika anda pengen yang lengkap, silahkan unduh <a href="http://www.4shared.com/rar/71PG_IsB/EFEKTIFITAS_PEMBELAJARAN_BAHAS.html" target="_blank">disini</a></div>Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-25098522055893305722012-04-16T20:33:00.007+07:002012-06-26T07:55:15.668+07:00ANALISIS KOMPARATIF ANTARA TEORI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF BARAT DAN ISLAM<div style="text-align: center;">BAB I </div><div style="text-align: center;"><br />
</div><div style="text-align: center;">PENDAHULUAN </div><br />
A. Latar Belakang <br />
<br />
<ul><li style="text-align: justify;">Secara rasional semua ilmu pengetahuan dapat diperoleh melalui belajar. Maka, belajar adalah ”key term” (istilah kunci) yang paling vital dalam usaha pendidikan. Sehingga, tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan.<a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">[1]</a> Mengingat kecerdasan, kepintaran, dan tujuan pendidikan dapat dicapai tergantung pada sejauh mana proses pembelajaran itu dilakukan. Maka, belajar menjadi penting ketika seseorang ingin mencapai puncak keberhasilan dalam hidupnya. Dengan belajar, ia juga mampu mempertahankan kehidupan sekelompok manusia (bangsa) di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat di antara bangsa-bangsa lain yang lebih dahulu maju. Dengan demikian, belajar adalah sebuah keniscayaan untuk memperoleh pengetahuan konseptual-teoritis, mendapatkan keterampilan praktis-aplikatif dan berbudi pekerti luhur.</li>
</ul><div style="text-align: justify;"><br />
</div><ul><li style="text-align: justify;">Belajar merupakan kebutuhan dan berperan penting dalam kehidupan manusia. Hal ini disebabkan manusia terlahir tidak mengetahui apa-apa, ia hanya dibekali potensi jasmaniah dan rohaniah (QS. An-Nahl:78). Maka sangat beralasan jika mengapa dan bagaimana manusia itu dipengaruhi oleh bagaimana ia belajar.<a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">[2]</a> </li>
</ul><br />
<a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">[1]</a> Muhibbin Syah, Psikologi Belajar (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2004), Cet.3, hlm.59. <br />
<a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">[2]</a> William Berkson, John Wettersten, Psikologi Belajar dan Filsafat Ilmu Karl Popper. Terjemahan oleh Ali Noer Zaman (Yogyakarta: Qalam, 2003), hlm.v.<br />
<br />
jika anda pengen yang lengkap, silahkan unduh <a href="http://www.4shared.com/rar/I7_SfL18/ANALISIS_KOMPARATIF_ANTARA_TEO.html" target="_blank">disini</a>Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4199438246318979130.post-25124511233103338612012-04-12T01:42:00.007+07:002012-09-16T20:44:16.185+07:00Tentang Blog Kumpulan Skripsi<div style="text-align: center;">السلام عليكم ورحمة الله وبركاته<span class="Apple-style-span"><span dir="RTL" lang="AR-SA" style="font-family: Arial, sans-serif;"> </span></span></div><div style="text-align: justify;"><div style="text-align: center;"><br />
</div><div style="text-align: center;">Bagi mahasiswa/mahasiswi yang males buat <b><i>skripsi</i></b> sendiri, silahkan download di blog <b><i>mMn</i></b> ini. anda cari judul yang pas bagi anda..</div><div style="text-align: center;">bagi yang merasa blok ini baemanfaaat, mohon sambungan do'anya yaaach biar blogku ini menjadi blog ter favorit mulai dari 2012 sampai 3012. hehheheh</div><div style="text-align: center;">berhubung tidak ada yang mau ditulis lagi ...</div></div><div style="text-align: center;"><br />
</div><div style="text-align: center;">والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته</div><br />
<div style="text-align: center;">link :<br />
<br />
<b><a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">mMn</a></b></div><div style="text-align: center;"><a href="http://mufidmmn.blogspot.com/" target="_blank">1. http://mufidmmn.blogspot.com/</a><br />
<br />
<b><a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">mMUFIDn</a></b></div><div><div style="text-align: center;"><a href="http://mmufidn.blogspot.com/" target="_blank">2. http://mmufidn.blogspot.com/</a></div><div style="text-align: center;"><br />
</div><b><div style="text-align: center;"><b><a href="http://downloadaplikasi-mmn.blogspot.com/" target="_blank">Download Aplikasi</a></b></div></b></div><div><div style="text-align: center;"><a href="http://downloadaplikasi-mmn.blogspot.com/" target="_blank">3. http://downloadaplikasi-mmn.blogspot.com/</a></div><div style="text-align: center;"><br />
</div><b><div style="text-align: center;"><b><a href="http://katakata-mmn.blogspot.com/" target="_blank">Kata Kata</a></b></div></b></div><div><div style="text-align: center;"><a href="http://katakata-mmn.blogspot.com/" target="_blank">4. http://katakata-mmn.blogspot.com/</a></div><div style="text-align: center;"><br />
</div><b><div style="text-align: center;"><b><a href="http://downloadkumpulanskripsi-mmn.blogspot.com/" target="_blank">Kumpulan Skripsi</a></b></div></b></div><div><div style="text-align: center;"><a href="http://downloadkumpulanskripsi-mmn.blogspot.com/" target="_blank">5. http://downloadkumpulanskripsi-mmn.blogspot.com/</a></div><div style="text-align: center;"><br />
</div><b><div style="text-align: center;"><b><a href="http://lyricdandownloadmusic-mmn.blogspot.com/" target="_blank">Lyric dan Download Music</a></b></div></b></div><div><div style="text-align: center;"><a href="http://lyricdandownloadmusic-mmn.blogspot.com/" target="_blank">6. http://lyricdandownloadmusic-mmn.blogspot.com/</a></div><div style="text-align: center;"><br />
</div><b><div style="text-align: center;"><b><a href="http://gambar-mmn.blogspot.com/" target="_blank">Gambar, Pictures & Latar Belakang, Backgrounds</a></b></div></b></div><div style="text-align: center;"><a href="http://gambar-mmn.blogspot.com/" target="_blank">7. http://gambar-mmn.blogspot.com/</a><br />
<br />
<b><a href="http://mmn-mmn-mmn.blogspot.com/" target="_blank">mMn dot org</a></b><br />
<a href="http://mmn-mmn-mmn.blogspot.com/" target="_blank">8. http://mmn-mmn-mmn.blogspot.com/</a></div>Unknownnoreply@blogger.com4